10 Cara Cerdas Memanfaatkan Ruang di Bawah Tangga dan Memaksimalkannya!

  Decova   26 September 2022   News
10 Cara Cerdas Memanfaatkan Ruang di Bawah Tangga dan Memaksimalkannya!

Memiliki hunian dua lantai membutuhkan sebuah tangga sebagai penunjang menyambagi bagian ruang yang terletak pada bagian atas. Hal ini tentunya menimbulkan sebuah ruang yang disebut dengan dead-end space.

Daripada ruang itu dibiarkan begitu saja, memanfaatkanya sebagai ruang kecil tambahan adalah pilihan yang tepat sehingga tidak membuang ruang begitu saja. Namun sebelum membahasnya lebih jauh mengenai tips desain mari pelajari apa itu dead-end space pada interior.

Apa Itu Dead-End Space?

Bagi yang belum mengetahui, dead-end space adalah sebuah ruang yang tidak begitu fungsional secara sepesifik dan sering diabaikan keadaannya begitu saja bagi banyak orang.

Jika dimanfaatkan dengan baik, ruang dead-end space ini lebih memberikan ruang yang lebih fungsional bagi para penghuninya, sebut saja sebagai ruang penyimpanan atau ruang bersantai lainnya.

Perhatikan sekitar rumah anda, apakah masih memiliki ruang dead-end space? Kini saatnya mencari tahu desain seperti apa yang anda perlukan untuk memaksimalkan ruang kosong tersebut. Misalnya loteng, banyak orang membiarkan loteng begitu saja sebagai ruang penyimpanan dan menganggapnya sebagai ruang pengap.

Namun tanpa disadari loteng dapat dijadikan ruang yang lebih bermanfaat seperti ruang tidur atau kantor jika ventilasi udara dan system pencahayaan ruang itu dimaksimalkan dengan baik. Karena nyatanya loteng bisa menjadi tempat tenang untuk memfokuskan diri pada pekerjaan dikarenakan tingkat ketenangannya yang tinggi.

Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan, adalah memaksimalkan desain ruang dead-end space itu secara maksimal, misalnya pada area ruang bawah tangga. Untuk desainnya sendiri Anda hanya perlu menyesuaikan dengan tema yang digunakan pada ruang sekitar, begitu juga dengan warna yang akan dipakai pada desain tersebut.

Cara Memaksimalkan Ruang Bawah Tangga

Area bawah tangga adalah bagian yang cukup sering diabaikan, untuk itu Decova Interior akan membagikan tips desain untuk area bawah tangga hunian Anda yang dapat Anda aplikasikan.

 

1. Sudut Ruang Baca

Bagi Anda yang menyukai kegiatan membaca, menata ruang bawah tangga dengan nyaman untuk kegiatan ini tentunya bukan hal yang mustahil. Agar tidak terlalu memakan banyak ruang Anda dapat menaruh meja dan kabinet yang menjorok ke dalam yang ada di bawah tangga. Setelah itu, Anda hanya perlu menaruh bangku yang nyaman dan sedikit mendekor ruang tersebut untuk membangkitkan mood.

 

2. Ruang Penyimpanan

Dengan menghadirkan lemari kabinet tertutup, Anda akan memiliki ruang penyimpanan tambahan pada hunian Anda agar tertata lebih rapi, desain ruang tersebut dapat disesuaikan pada ruang sekitarnya sehingga menciptakan kamuflase ruang yang unik.

 

3. Rak Televisi

Rumah minimalis dalam hal ruang pastinya memiliki keterbatasan, dengan ini area ruang bawah tangga tentunya memiliki peran penting. Contohnya sebagai ruang televisi yang unik. Dengan banyaknya inspirasi desain tentu dapat lebih mudah untuk Anda mewujudkannya.

 

4. Area Showcase

Bagi Anda yang mempunyai beragam koleksi favorite seperti barang antik ataupun koleksi barang lainnya, menghadirkan sebuah ruang showcase mini menjadi pilihan yang unik dalam memanfaatkan ruang kosong. Untuk membuat ruang showcase pun akan mudah, Anda hanya perlu menghadirkan kabinet terbuka dengan rak-rak susun sebagai letak menaruh koleksi tersebut.

 

5. Ruang Hijau Indoor

Memiliki hunian yang asri dapat diwujudkan dengan menghadirkan taman indoor mini di dalam rumah, Anda dapat menggunakan ruang kosong pada bawah tangga untuk menaruh beragam koleksi tanaman hias yang Anda punya, lho!

 

6.  Laundry Room

Bosan dengan ide desain ruang bawah tangga umumnya? Anda dapat menggunakan ruang bawah tangga sebagai ruang laundry mini juga lho! Cocok sekali untuk jenis tabung minimalis, selain itu Anda dapat memberikan lemari penutup ruang laundry tersebut sehingga menyerupai ruang penyimpanan biasa lainnya.

 

7.  Powder Room

Rumah Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk membangun kamar mandi tamu? Memanfaatkan ruang bawah tangga sebagai powder room dapat dijadikan pilihan, sehingga tamu Anda tidak perlu meminjam kamar mandi pribadi Anda untuk sekedar menggunakan toilet kecil.

 

8. Shoe Rock & Hanger

Menjadi ide yang cocok bila letak tangga berada di dekat pintu masuk utama rumah Anda, area ini dapat dijadikan tempat penyimpanan sepatu lengkap dengan gantungan untuk tas ataupun jaket dari luar rumah. Jangan lupa membiarkan ruang ini tetap terbuka dengan suhu udara dan cahaya yang baik agar tidak lembab dan menghindari bau yang tidak sedap.

 

9. Kamar Hewan Peliharaan

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan baik itu anjing, kucing ataupun hewan peliharaan lainnya. Memanfaatkan ruang ini sebagai kamar peliharaan Anda tidaklah buruk. Dengan pencahayaan yang cukup, ruang untuk tidur dan sedikit space untuk menaruh makanan dan minuman mereka.

 

10. Mini Pantry

Bahkan membangun pantry mini dibawah tangga bukan hal yang mustahil bagi Anda, desain yang memiliki ukuran serba mini ini dapat menjadi daya tarik bagi hunian mini yang menginginkan tempat bersantai untuk sekedar membuat cemilan sebagai teman bersantai. Gunakan material senada dengan tangga baik bahan maupun warna ya! Sehingga menciptakan harmonisasi ruang yang tampak semprna.

Area bawah tangga merupakan satu dari banyaknya ruang dead-end space yang bisa Anda maksimalkan fungsinya. Namun jika masih bingung tim kami siap membantu Anda. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun tim kami berhasil mewujudkan desain impian bagi klien kami dengan hasil yang memuaskan.

Yuk segera konsultasikan desain impian anda dan wujudkan desain tersebut dari 0 dengan kami Decova Interior!

 Hubungi tim profesional kami : 0812-102-898-16 atau WA: Ask The Expert

Ikuti terus project-project yang ditangani oleh Decova Interior dengan mem-follow akun Instagram kami: Decova Interior Instagram

Wujudkan Rumah Luxury Anda bersama kami sekarang juga!

Read Others

Daily Storage

Daily Storage

Ingin tempat untuk menyimpan barang favorit kamu?Selain sebagai fungsi penyimpanan barang, Read More

PAS

PAS

Furnitur dapat dikategorikan sebagai berdiri bebas (loose furniture) atau built in.Furnitur berdiri Read More

Originality

Originality

By Originality, we means, we Design with with love and passion, for every clients, every Read More

Big but Humble

Big but Humble

Given the room's large floor plan, the designer keep infusing the modesty into this large and Read More

DECOVA STYLE

DECOVA STYLE

at Decova Interior, we have developed a Modern Contemporary Classic touch to suit a YOUNG and Read More

HOME EXPERT

HOME EXPERT

Pernahkah anda memasuki rumah, namun penataan ruangnya terasa sempit?   Jika iya, bisa Read More